BISNIS SAMBAL KEMASAN HASIL MANIS




TUGAS AKHIR MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“PEDAS MANIS HASIL BISNIS SAMBAL KEMASAN”




http://www.amikom.ac.id/



DI SUSUN OLEH :
Nama : TRI AGUNG BUDI WAHYONO
NPM : 15.11.8923
Kelas : 15-S1TI-07
Kelompok H



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
2015



I.                   ABSTRAK

Karya ilmiah ini disusun dengan tujuan untuk memberi informasi kepada para pembaca dalam membuat atau menghasilkan uang dengan cara membuat bisnis kecil sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Memulai usaha tidak selalu harus diawali dari hal-hal yang bersifat besar. Bahkan kadang potensi yang menarik dan besar bisa saja ditemukan dari hal-hal yang kecil dan kadang dengan mudah  dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam karya ilmiah ini, penulis akan membahas “ PEDAS MANIS HASIL BISNIS SAMBAL KEMASAN”.

Tidak bisa dipungkiri, sambal telah cukup mendarah daging dengan kebutuhan kuliner sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, karena proses pembuatanya tergolong ribet maka sebagian orang mengambil jalan pintas dengan memilih sambal kemasan siap santap. Akan tetapi, tidak sedikit pencinta sambal yang selektif dalam memilih sambal yang akan dikosumsi.

Kebutuhan tersebut ditangkap sebagai salah satu peluang bisnis. Dengan modal yang tidak telalu besar, merintis bisnis sambal kemasan skala rumahan juga dapat ditawarkan secara online. Usaha tersebut umumnya hanya melayani pesanan, dan sambal yang diracik memiliki daya tahan yang singkat karena dibuat tanpa tambahan bahan pengawet.

Bicara tentang masakan, bagi masyarakat Indonesia berarti bicara tentang bumbu. Salah satu bumbu yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia adalah cabai. Kini cabai sudah menjadi sebuah lahan usaha yang sangat menguntungkan, hal ini ditandai dengan banyaknya pabrik yang menghadirkan olahan cabai yang beranekaragam. Baik berbentuk saus atau sambal dan dikemas dalam packing menarik.

Dengan adanya karya ilmiah ini semoga bermanfaat bagi para pembaca yang berminat mengelola bisnis sambal kemasan sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

II.                ISI

Sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabai yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.
Saat ini usaha sambal kemasan sangat popular dikalangan masyarakat Indonesia. Aneka olahan sambal yang dikemas dalam sebuah botol mempunyai pasaran yang cukup menjanjikan. Apalagi untuk dijual secara online, pasti mempunyai peluang bisnis yang sangat menjanjikan, daya jualnya juga lumayan tinggi bisa mencapai harga 20 ribu per botol.

Sekarang ini walaupun sambal kemasan dari pabrik banyak sekali yang bermunculan, tapi kalau sambal rumahan yang tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna, tanpa penyedap, dan diolah dari bahan-bahan yang fresh pasti lebih disukai bukan. Nah kunci agar sambal bisa bertahan lama kita harus memperhatikan proses pemasakan, pemilihan bahan-bahan sambal, dan proses pengemasannya.

Nah kunci sambal yang awet berawal dari proses pengolahan yang bersih dan pemasakan yang tanak. Selain itu, sambal juga akan lebih awet karena pengemasan yang higienis dan rapat. Bahkan untuk masalah kemasan bisa menggunkan berbagai pilihan kemasan mulai dari kemasan jar plastik dan cup bersegel. Setelah menemukan teknik masak dan teknik pengemasan yang tepat, kita bisa mulai menjajal membuka jenis usaha rumahan dengan  sambal kemasannya.

Untuk menghasilkan sambal dengan cita rasa yang lebih pedas, maka gunakanlah cabai rawit jawa. Karena memiliki bentuk yang lebih ramping dengan rasa yang lebih pedas di banding cabai bandung yang berukuran besar, tapi dengan rasa yang kurang pedas. Jika ingin menghasilkan sambal dengan cita rasa yang enak dan dengan daya simpan yang cukup panjang, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sambal, mulai dari pemilihan bahan, sampai dengan penyimpanan.


Langkah awal yang harus diperhatikan adalah pilih bahan yang segar, karena jika bahan yang digunakan hampir busuk atau sudah busuk maka hasil akhir dari sambal akan terasa asam. Sebelum diolah bahan harus dicuci bersih dibawah air mengalir, untuk meminimalisir bakteri atau kuman yang terdapat pada bahan.

Adapun bahan tambahan atau pelengkap dari sambal sangatlah bervariasi, tergantung dari jenis sambal apa yang akan kita buat. Bahan-bahan yang telah dipilih dan dibersihkan kemudian digoreng dengan waktu yang cukup singkat, atau bisa pula dengan cara diseduh (blanch) dalam air mendidih. Bahan kemudian dihaluskan dalam blender atau dengan cara diulek.

Setelah itu, bahan ditumis atau digoreng diatas api sedang, hingga mengeluarkan minyak,

agak mengering dan matang. Masak bahan hingga matang sempurna, karena minyak yang keluar dari bahan maupun minyak yang digunakan untuk menumis merupakan bahan pengawet alami.

Tingkat kematangan bahan akhirnya dapat memperpanjang daya simpan sambal. Sebelum dikemas, pastikan sambal sudah dalam keadaan dingin. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan untuk membuat sambal lebih cepat dingin. Misalnya dengan blanc chilled, yakni memasukkan sambal kedalam chiller hingga kondisi sambal menjadi cukup dingin.

Teknik yang kedua dapat dilakukan dengan cara mendiasi air. Sambal ditempatkan dalam wadah terbuka yang diletakkan diatas wadah lain berisi air. Atau dengan cara sederhana, yaitu dengan diangin-anginkan diruang terbuka, dengan catatan tidak lebih dari empat jam agar tidak terkontaminasi dengan udara.

Setelah suhunya dingin, segera tempatkan sambal kedalam wadah kedap udara, yang sudah di sterilisasikan. Yakni dengan cara direbus, ditiriskan, dan dikeringkan. Dengan tujuan meminimalisir bakteri yang terdapat didalam wadah atau kemasan, sehingga dapat mempengaruhi jangka waktu menjadi lebih panjang.

Jika sambal ditempatkan didalam freezer batas maksimal penggunaan sambal kurang lebih bisa mencapai 3 bula, jika penyimpanan didalam chiller dapat bertahan kurang lebih 1,5 bulan. Sedangkan jika disimpan dalam suhu ruang, sambal dapat bertahan selama 2 minggu.

III.             REFRENSI
·         Hasil pemikiraan sendiri

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
3 March 2022 at 20:21 delete

Best Bets and Odds to Consider in NFL 2021 | Sporting 100
NFL betting is on 남양주 출장안마 the rise, and it's taking off for the top sporting100 bookmakers. Here's 1xbet login a 전라북도 출장마사지 look at some of the top 정읍 출장샵 online sportsbooks available today.

Reply
avatar